Senin, 21 Januari 2013

Wisata Pulau Pulau Tidung


Bagi warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin menikmati pantai yang bersih, pasir yang putih dan laut yang biru dapat mencoba berkunjung ke Pulau Tidung.  Pulau Tidung terletak di kepulauan seribu.  Pulau ini terdiri dari pualau tidung besar dan pulau tidung kecil. Jalur yang peling populer untuk mencapai pulai ini yaitu lewat Muara angke menggunakan kapal tradisional dan lewat pantai marina ancol menggunakan kapal cepat. Jika lewat muara angke kita akan menaiki perahu Tradisonal dengan kapasitas mencapai 100 orang dengan tarif Rp.33.000/perorang dengan lama perjalanan 3 jam. kapal ini berangkat sekitar pukul 7.00 - 8.00. Sedangkan jika dari Marina Ancil kita akan menggunakan KM Kerapu dengan kapasitas 30 orang dengan tarif Rp35.000/orang dengan lama perjalana sekitar 1,5 jam, dan kapal ini berangkat sekitar jam 8.00 - 8.30.

a. Pulau Tidung Besar
Pulau tidung besar adalah tempat para penduduk tinggal. Disinilah para wisatawan menginap. Di pulau ini terdapat beberapa fasilitas yang disediakan seperti  home stay, klinik kesehatan, tempat penyewaan sepeda, tempat penyewaan alat snorkling, warung makan dll. Yang belum ada disini adalah ATM, jadi bagi yang ingin berkunjung kesini harap membawa uang yang cukup.
Untuk tempat menginap, pengunjung dapat menginap secara homesstay. Disini banyak Rumah penduduk yang disewakan ada yang dilengkapi dengan AC atau tanpa AC.  Bagi yang data sendirian atau hanya beberapa orang dapat memilih untuk menyewa kamar saja untuk menghemat budget.
Kegiatan lain yang dapat dilakukan Disini adalah menyewa sepeda untuk berkeliling dipulau, harga sewanya 15.000/hari. Bagi yang menyukai olah raga air dapat ikut paket snorkeling, jika kita datang berkelompok kita dapat menyewa kapal untuk diantar ke spot spot yang  memiliki terumbu karang yang indah, seperti pulau payung, pulau Air,  pulau Karang beras dll, akan tetepi jika kita datang berkunjung hanya sendiri atau beberapa orang kita dapat bergabung dengan kelompok orang lain untuk menyewa kapal agar lebih hemat
Setelah seharian snorkeling dan keliling pulau saatnya mengisi perut. Harga makanan disini tidak terlalu mahal, sekitar Rp.10.000 /porsi dengan lauk ikan goreng. Jika kalian ikut jasa tour biasanya ketika malam hari kita akan mendapatkan santapan BBQ di pinggir pantai.

a.   b. Jembatan Cinta
Jembatan cinta terletak di sebelah utara pantai tidung. Jembatan ini menghubungkan antara pulau tidung besar dan pulau tidung kecil. Jembatan ini sudah menjadi trademark pulau tidung. Tempat ini adalah tempat yang wajib di kunjungi ketika ber wisata kepulau ini. Di jembatan cinta kita dapat ber snorkling, bermaian banana boat atau menyewa perahu kecil. Bagi yang bernyali besar dapat melakukan atraksi dengan melompat dari jembata cinta yang tinggi nya mencapai 10 meter. Akan tetapi untuk yang terakhir harap memperhatikan ketinggian air laut jangan sampai meloncat ketika air sedang surut.
b.     C. Pulau tidung kecil
Berbeda denga pulau tidung besar, Pulau Tidung Kecil tidak berpenduduk, setelah menyebrangi  jembatan cinta , kita dapat mengelilingi pulai ini sekitar  1 jam melewati perkebunan kelapa dan menyisir pantainya yang berpasir putih. 
c.     d. Saung

Banyak wisatawan yang berkunjung ke pulau tidung yang tidak mengetahui spot ini. Begitupula setelah serching 2 di interner tidak ada info yang membahas ke indahan saung. Hal ini dikarenakan wisatawan terlalu terpusat di spot jembatan cinta. Saung terletak di ujung timur Pulau tidung besar. Untuk mencapainya kita harus bersepeda sekitar 20 menit (dari dermaga) kearah timur membelakangi arah jembatan cinta. Ketika kita menuju kesana kita akan melewati padang ilalang, jika sudah melewati sebuah gedung sekolah SD, kita belok kiri menuju pantai. Tempat ini disebut saung karena disini terdapat saung 2 tempat bersantai. Tempat ini sangat lah sepi sehingga serasa pantai milik sendiri. Akan tetapi ketika ketika penulis datang kembali ketempat ini sekitar tahun 2012 di tempat ini sudah tidak ada lagi saung entah karena rusak karena angin atau dirobohkan pemiliknya. Akan tetapi tetap saja saung tempata indah dan tenang.

Tips dari kami:
1.    Untuk berlibur di pulau tidung lebih baik kita berangkat rombongan dan  mendaftar ke jasa tour (dapat dicari di internet), disamping lebih hemat kita tidak perlu repot mengurus soal penginapan, makanan, sewa sepeda, alat snorkling dan kapal untuk berkeliling.
2.    Berangkat lah pada saat musim kemarau, karena saat itu pantai lebih bersih dan indah.
3.    Hindari berangkat pada musim hujan, karena ombaknya cukup tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar